Senin, 05 Mei 2014

Analisa, perencanaan,pelaksanaan, dan Evaluasi E-learning


Analisa, perencanaan,pelaksanaan, dan Evaluasi E-learning



Analisa
sebelum merencanakan pembelajaran E-Learning, perlu mempertimbangkan beberapa aspek yang dapat mempengaruhi jalannya pembelajaran E-learning kedepannya, diantaranya :
1.      Berapa biaya mengkonversikan kegiatan pembelajaran di dalam kelas ke dalam format electronic multimedia?
2.      Perlukah semua kegiatan belajar dikonversi?
3.      Melakukan konversi sendiri atau minta bantuan?
4.      Bagaimana memeriksa efetifitas proses konversi?
5.      Siapa manusia yang terlibat dalam penerimaan perubahan?
6.      Bagaimana mengimplementasikan konversi yang terbaik?
7.      Apakah manfaat yang diperoleh dalam pengkonversian dalam bentuk e-learning?
Perencanaan
Dalam perencanaan Sistem e-learning terlebih dulu melalui proses-proses tertentu, yakni :
1.      Perlu diadakan analisis kebutuhan
2.      Melakukan studi kelayakan, dengan komponen penilaian
·         Apakah secara teknis dapat dilaksanakan ?
·         Apakah secara ekonomis menguntungkan ?
·         Apakah penggunaan e-learning diterima masyarakat ?
3.      melakukan Perencanaan Sistem e-learning meliputi ketersediaan:
1.      Infrastruktur
2.       Software
3.       Materi Ajar
4.       Expert Sistem
5.       Guru / Dosen
6.       Biaya
Pelaksanaan
Dalam pelaksanaannya terdapat beberapa strategi pelaksanaan model pembelajaran e-learning, setidaknya terdapat empat model yang dapat digunakan dalam pelaksanaan e-learning di lembaga-lembaga Formal. Setiap model yang digunakan mempunyai kelebihan dan kelemahan masing-masing. Pemilihan bergantung kepada infrastruktur telekomunikasi dan peralatan yang tersedia di sekolah. Model-model tersebut ialah:

1.      Selective Model
Jika jumlah komputer sangat terbatas, ia dapat ditunjukkan kepada siswa sebagai bahan demontrasi saja. Jika ada beberapa komputer, siswa diberi peluang untuk mendapat sedikit pengalaman hands-on.

2.      Sequential Model
Jika jumlah komputer sedikit, siswa dalam kelompok kecil bergerak dari satu set sumber informasi ke sumber yang lain. Bahan e-learning digunakan sebagai bahan rujukan atau bahan informasi baru. Jika terdapat beberapa komputer, siswa diberi peluang untuk mendapatkan pengalaman hands-on.

3.      Static Station Model
Jika jumlah komputer sedikit, guru mempunyai beberapa sumber berbeda untuk mencapai objektif pembelajaran yang sama. Bahan e-learning digunakan oleh beberapa kelompok siswa manakala siswa lain menggunakan sumber yang lain untuk mencapai tujuan pembelajaran yang sama.

4.      Laboratory Model
Jika jumlah komputer mencukupi untuk semua siswa, maka bahan e-learning dapat digunakan oleh semua siswa sebagai bahan pembelajaran mandiri. Model ini boleh digunakan jika sekolah mempunyai perangkat komputer yang dilengkapi dengan jaringan internet
Evaluasi
Dalam pengukuran evaluasi e-learning dapat digunakan alat ukur yang sama dengan pembelajaran dikelas. Oleh karena itu, tidak perlu mengembangkan atau menerapkan teori baru untuk mengukur keberhasilan e-learning, hanya perlu meneruskan sistem yang sudah ada dan sudah diterapkan dalam pembelajaran di kelas selama ini dengan mengembangkan alat-alat teknologi sebagai media evaluasi e-learning.


            Evaluasi dapat dilakukan pada tiga waktu, yaitu (Timothy, 2000: 220-221):

1.   Sebelum proses pembelajaran (before)
Evaluasi ini dilakukan sebelum proses pembelajaran berlangsung dan berfungsi untuk mengukur potensi pelajar tentang materi yang akan disampaikan, sehingga instruktur dapat menganalisis kebutuhan pelajar berdasarkan latar belakang pengetahuan yang telah dimiliki.

2.   Pada saat proses pembelajaran (during)
Evaluasi ini bertujuan mengukur dan menganalisis proses pembelajaran serta merevisinya menjadi lebih baik.

3.   Setelah proses pembelajaran (after)
Evaluasi yang dilakukan setelah proses pembelajaran berfungsi untuk mengukur efektifitas dan efisiensi proses pembelajaran yang telah berlangsung demi perbaikan di masa yang akan datang.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar