Senin, 24 Februari 2014

METODE SEBAGAI PENGARUH DARI KURIKULUM SEBAGAI JANTUNG PENDIDIKAN



Para pengembang (developers) telah menemukan beberapa pendekatan dalam pengembangan kurikulum. Yang dimaksudkan pendekatan adalah cara kerja dengan menerapkan straegi dan metode yang tepat dengan mengikuti langkah-langkah pengembangan yang sistimatis agar memperoleh kurikulum yang lebih baik.Pendekatan-pendekatan yang dikembangkan para pengembang adalah :

  • Pendekatan Bidang Studi (Pendekatan Subjek atau Disiplin Ilmu) 
Pendekatan ini menggunkan bidang studi atau matapelajaran sebagai dasar organisasi kurikulum, misalnya matematika ,sains,sejarah,IPA,dan lainya.
Pengembangan dimulai dengan mengidentifikasi secara teliti pokok-pokok bahasan yang akan dibahas,kemudian poko-pokok bahasan tersebut diperinci menjadi bahan-bahan pelajaran yang harus dikuasai,dan akhirnya mengidentifikasi dan mengurutkan pengalaman belajar fdan ketrampilan –ketrampilan yang harus dilakukan anak didik.

  • Pendekatan berorentasi pada tujuan 
Pendekatan yang berorentasi tujuan ini menempatkan rumusan atau penempatan tujuan yang hendak dicapai dalam posisi sentral, sebab tujuan adalah pemberi arah dalam pelaksanaan proses belajar mengajar. Tujuan matematioka misalnya sama dengan konsep dasar dan disiplinilmu matematika . Prioritas pendekatan ini adalah penalaran Pengewtahuan.
Kelebihan pendekatan pengembangan kurikulum yang berorientasi pada tujuan adalah ;
  • Tujuan yang ingin dicapai jelas bagi penyusun kurikulum.
  • Tujuan yang jelas akan meberikan arahan yang jelas pula didalam menerapkan materi pelajaran,metode,jenis kegiatan,dan alat yang dipergunakan unbtuk mencapai tujuan.
  • Hasil penilaian yang terarah
Pendekatan dan metode yang COCOK dengan Kurikulum 2013:

1.      Pembelajaran dengan Pendekatan Ilmiah.
2.      Pendekatan Pembelajaran Kontekstual.
3.      Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah.
4.      Pendekatan Pembelajaran Berbasis Proyek.
5.      Pendekatan Pembelajaran Kooperatif
6.      Pendekatan Pembelajaran Komunikatif

Tidak ada komentar:

Posting Komentar